• umamnoer.com
  • 50 tahun Attaqwa Putri

Articles

Langit Suci di Langit Jakarta

on . Posted in Catatan Kaki

Setelah absen di kegiatan 411, saya berkesempatan untuk ikut agenda 212 (bagi anda yang tidak tahu apa yang saya maksudkan, sila browsing). Bagi saya, pengalaman hari ini menarik. Hari ini mengingatkan saya pada satu pandangan, tentang agama sbg realitas sosial. Dan imaji saya berlabuh ke Peter Berger.

Agama dalam perspektif Berger dimengerti sebagai hasil konstruksi manusia melalui tiga tahap dialektik: eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Dunia yang dikonstruksikan tersebut menjadi nomos yang mengatur kehidupan manusia agar terbebas dari ancaman anomi, chaos, dan ketidateraturan lainnya.

Add a comment

#SavingLives #SavingHopes #SaveIndonesia

on . Posted in Catatan Kaki

Beberapa hari ini lini masa facebook dan twitter saya dipenuhi satu hal: eksekusi mati. Sebagaimana yang lazim terjadi, selalu ada perdebatan sengit tentang siapa yang benar dan siapa yang salah. Bahkan para sahabat saya pun terjerat dalam perdebatan yang sama: apakah terpidana kasus narkotika, yang telah diketok palu untuk segera dieksekusi, pantas menerima keputusan tersebut.

Add a comment

menyoal kata abuya, sebuah tanggapan

on . Posted in Catatan Kaki

Akhirnya saya ketularan. Ujung pangkal semua masalah ini dimulai dari bang Darso yang melempar sebuah persoalan tentang pemakaian kata “abuya” kepada guru Nur (saya sih lebih suka kata itu). Setelah saling berbalas komentar di fb, kemudian muncul tulisan sahabat saya, Irhami (lihat DI SINI), kemudian saya tergelitik untuk ikut pula nimbrung soal “abuya” ini.

Add a comment

Perfection is a disease of a nation

on . Posted in Catatan Kaki

Beberapa hari ini saya resah. Alasannya sederhana: saya menemukan bahwa kalimat mbak Beyonce amat benar: perfection is a disease of a nation. Kesempurnaan adalah wabah bagi sebuah bangsa. Ketika setiap orang mencari kesempurnaan, maka setiap orang tidak lagi memperdulikan orang lainnya. Ketika setiap orang mencari kesempurnaan, maka setiap orang menjadi identik dengan orang lainnya. Semuanya sama.

Add a comment

Jadwal Salat